VPS HOSTING
VPS HOSTING

6 Langkah Mudah Memulai Usaha Dari Nol

  • Bagikan
6 Langkah Mudah Memulai Usaha Dari Nol 6 Langkah Mudah Memulai Usaha Dari Nol

Ingin punya usaha tapi masih bingung mau usaha apa ya? bagaimana cara memulai usaha? mau usaha ini, masih ragu, mau usaha itu juga ragu. Alhasil banyak yang tidak jadi mulai usaha.

Saya yakin itulah yang dipikirkan banyak orang saat mau memulai usaha. Bahkan mungkin termasuk dari Anda yang sedang membaca artikel ini. Lantas apa yang harus dilakukan saat mau memulai usaha?

1. Lakukan Survei

Lakukan survei kecil-kecilan di sekitar tempat tinggal Anda. Cari tahu apa saja yang dibutuhkan masyarakat atau apa permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat di sekitar tempat tinggal Anda. Amati dan catat semua!

2. Tentukan Ide Bisnis

Setelah mengetahui kebutuhan dan permasalahan dari masyarakat sekitar, langkah selanjutnya adalah tentukan ide bisnis.

Produk apa yang akan Anda jual untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah yang ada?

3. Pertajam Target Pasar

Survei pertama ke masyarakat dilakukan untuk menggali ide bisnis awal. Setelah dapat ide bisnis, maka tahap selanjutnya adalah mempertajam target pasar. Siapa mereka, dimana tempat tinggalnya, seperti apa kebiasaannya, apa kesukaannya, dan berbagai macam data dari calon konsumen.

4. Membuat Bisnis Plan

Setelah mendapatkan ide bisnis langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan bisnis. Hal ini penting, karena akan menjadi panduan bagi Anda dalam menjalankan bisnis kedepannya.

Gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal itu sendiri. Buat rencana bisnis yang aplikatif.

5. Membuat Produk dan Uji Pasar

Buatlah produk pertama dan lakukan uji pasar secara offline dengan cara menemui langsung calon konsumen, tawarkan produk kepada mereka dan catatlah semua respon yang diberikan oleh calon konsumen.

Terus lakukan perbaikan sesuai dengan masukan dari calon konsumen.

6. Saatnya Action

Setelah mendapatkan banyak masukkan dari calon konsumen, sempurnakan produk Anda. Dan kini saatnya untuk deklarasi perang di medan tempur percaturan bisnis.

Pantang menyerah dan Jual lah barang sebanyak-banyaknya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *