VPS HOSTING
VPS HOSTING

Modus Baru Penipuan: SK CPNS 2019 Palsu, Cek Ciri-Cirinya!

  • Bagikan
BKN CPNS Modus Baru Penipuan: SK CPNS 2019 Palsu, Cek Ciri-Cirinya!

detakhukum.com – Ada-ada aja modus baru penipuan terkait CPNS. Bukan lagi soal penipuan yang mengiming-imingi kelulusan CPNS, kali ini, oknum tak bertanggung jawab melakukan penipuan dengan menyebarkan SK CPNS palsu.

Setelah penipuan berkedok iming-iming kelulusan marak terjadi hingga menimbulkan kerugian korban sampai ratusan juta, baru-baru ini ada lagi kasus Surat Keputusan (SK) pengangkatan CPNS palsu yang beredar di mana-mana.

Tentu saja, berkaitan dengan hal ini, BKN nggak tinggal diam. Menanggapi hal ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun sudah melayangkan klarifikasi melalui pemberitaan resmi di website dan media sosial BKN.

BKN sebagai salah satu instansi yang sering dijadikan tameng dalam tindakan pemalsuan dokumen maupun penyebaran informasi palsu dan pemalsuan dokumen rekrutmen ASN pun membagikan ciri umum yang perlu diketahui publik terkait surat palsu tersebut.

Pertama, SK CPNS hanya diterbitkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi masing-masing, bukan atas nama Kepala BKN, kecuali untuk SK CPNS di lingkungan BKN.

Kedua, bila dokumen pengangkatan CPNS atas nama instansi lain, tapi ditandatangani oleh Sekretaris Utama (Sestama) BKN, maka berkas tersebut palsu.

Sestama BKN hanya memiliki wewenang sebagai Panitia Seleksi CPNS di lingkungan BKN.

Perlu diketahui, tindakan penipuan dilakukan tidak hanya dalam bentuk menerbitkan surat atau dokumen palsu, namun ada juga beberapa penipuan lain berdasarkan laporan yang diterima Humas BKN.

Contohnya, memalsukan identitas diri sebagai pejabat di salah satu instansi untuk kemudian melakukan berbagai modus penipuan.

Maka dari itulah, BKN kembali mengingatkan bahwa segala proses rekrutmen ASN, baik CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tidak berbayar alias gratis.

Jadi jika ada oknum yang mencoba menjanjikan pengangkatan menjadi ASN dengan mensyaratkan sejumlah uang, sudah dipastikan tindakan itu adalah penipuan. (bkn/dh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *