VPS HOSTING
VPS HOSTING

Kaya Raya di Usia Muda, Ini Kisah Zhang Yiming Pendiri Tiktok

  • Bagikan
Zhang Yiming TIKTOK Kaya Raya di Usia Muda, Ini Kisah Zhang Yiming Pendiri Tiktok

Tiktok adalah platform sosial media yang lagi di puncak kejayaannya. Memiliki 1 miliar pengguna aktif, aplikasi ini dibangun oleh pengusaha sukses asal China, Zhang Yiming pria kelahiran April 1983 (usia 37 tahun) menjadi salah satu orang terkaya di China.

Miliarder Zhang Yiming menempati posisi ketiga dari 6 orang kaya termuda di Cina versi Forbes. Ia memiliki harta kekayaan sebesar USD27,7 miliar.

Seperti apa kisah perjalanan bisnisnya?

Zhang Yiming mengambil jurusan microelectronics di Universitas Nankai, kemudian ganti jurusan menjadi software engineering. Ia kemudian lulus pada tahun 2005.

Setelah lulus, Zhang Yiming bekerja untuk perusahaan rintisan Kuxun sebagai Engineer dan diangkat menjadi Technical Director setahun kemudian. Pada tahun 2008, ia pindah ke Microsoft, tapi kurang sreg dengan aturan korporat besar.

Pada tahun 2009, ia memulai bisnis pertamanya, 99fang.com sebuah website pencarian properti.

Tahun 2011, Zhang Yiming menyadari pengguna mulai pindah dari komputer ke smartphone. Ia lalu merekrut orang lain menjadi CEO 99fang.com, meninggalkan perusahaan lamanya untuk merintis ByteDance di tahun 2012.

Zhang Yiming berpikir pengguna smartphone di China kesulitan cari info lewat mobile apps. Ia ingin memberikan konten relevan buat pengguna menggunakan AI. Sayangnya, visi ini ditolak oleh banyak investor.

Salah satu investor yang pernah menolaknya, Sequoia Capital, akhirnya berinvestasi US$100 juta di ByteDance di tahun 2014. Tahun 2015, ByteDance merilis Tiktok yang menjadi populer di seluruh dunia. Setahun kemudian perusahaan membeli Musical.ly.

Pada akhir tahun 2018, valuasi ByteDance mencapai US$75 miliar, mengalahkan Uber sebagai startup dengan valuasi tertinggi di dunia.

Pria yang lahir tahun 1983 ini pun menjadi salah satu orang terkaya di China dengan kekayaan US$27,7 miliar atau setara Rp 391,6 triliun.

Meski sekarang sukses besar, perjalanan Zhang Yiming mencapai tahap ini tidaklah mudah. Setelah bertahun-tahun menjadi karyawan dan mengumpulkan banyak ilmu, ia baru merintis perusahaannya sendiri.

Sudah tahu kisah dibalik suksesnya platform tiktok sekarang kan? Semoga kisahnya ini bisa jadi inspirasi buat kamu yang sedang menata karier dan bisnis, ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *