VPS HOSTING
VPS HOSTING

Biografi Michael Jordan, Pemain Basket Terkaya di Dunia Yang Jago Bisnis

  • Bagikan
Michael Jordan Biografi Michael Jordan, Pemain Basket Terkaya di Dunia Yang Jago Bisnis

Michael Jordan merupakan seorang pengusaha, aktris, pemilik klub basket Charlotte Hornets, dan Jordan dahulu terkenal karena seorang pemain basket terkenal di Amerika Serikat.

Jordan merupakan atlet terkaya dan pertama yang mendapatkan penghasilan lebih dari US$ 30 juta per tahun atau setara dengan Rp 425 miliar.

Tercatat total kekayaan Jordan di tahun 2020 adalah sebesar US$ 2,2 miliar atau setara dengan Rp 31 triliun rupiah. Yuk simak, kisah sukses Michael Jordan berikut:

Michael Jordan Lahir di Keluarga Yang Miskin

Untuk membantu ekonomi keluarganya, setiap hari Jordan harus berjualan baju bekas. Ketertarikan Jordan terhadap basket ternyata sudah terlihat sejak kecil.

Namun sayangnya, waktu di sekolah menengah Jordan ditolak untuk bergabung di tim basket sekolahnya karena tinggi badannya tidak memenuhi persyaratan dan dianggap kurang mahir dalam bermain basket.

Hal itu membekas di hatinya dan membuat Jordan sangat merasa kecewa. Namun Jordan tidak menyerah.

Jordan Pernah Kalah Dalam Ratusan Hingga Ribuan Pertandingan

Meskipun sekarang Jordan terkenal sebagai pemain basket terbaik, siapa sangka Jordan pernah mengalami kegagalan hingga ribuan kali sasaran dan mengalami kekalahan di ratusan kali pertandingan.

Tetapi Jordan tidak menyerah pada kegagalannya hingga Jordan bisa sukses seperti sekarang ini.

Terbukti Jordan berhasil mendapatkan kejuaraan NBA selama 6 kali bersama kelompok Chicago Bulls (1991-1993, 1996-1998).

Pensiun Dari Dunia Basket di Tahun 2003

Meskipun sudah pensiun, namun Jordan berhasil mendapat penghasilan lebih dari US$ 100 juta per tahun atau setara dengan Rp 1 triliun per tahun.

Pendapatan itu berhasil Jordan dapatkan dari berbagai bisnis dan usaha miliknya. USD 80-100 juta berhasil Jordan dapatkan dari royalti merek Nike, Air Jordan.

Dibalik Royalti Sepatu Nike

Sebelum Jordan bekerjasama dengan Nike, Jordan sama sekali tidak pernah memakai sepatu Nike.

Namun karena tawaran Nike yang terlalu menarik, akhirnya Jordan menyetujui perjanjian kerjasama mereka.

Di klub memiliki peraturan untuk menggunakan sepatu yang seragam, sehingga awalnya Jordan harus membayar denda karena melanggar peraturan.

Berbagai Perusahaan Yang Bekerjasama Dengan Jordan

Sepatu Air Jordan pertama kali dijual pada bulan Maret 1985 dan 2 bulan setelahnya, telah terjual lebih dari 1 juta pasang.

Sehingga dalam 1 tahun pertama, Air Jordan berhasil memberikan pendapatan sebesar USD 100 juta untuk Nike atau saat itu setara dengan Rp 166 juta. Saat ini royalti Nike untuk Jordan bisa sekitar USD 80 juta -USD 120 juta per tahunnya.

Jordan juga menjalin kerja sama dengan Hanes, Upper Deck, Gatorade, Coca-cola, McDonald’s, dan Chevrolet and Wheaties.

Sumber Kekayaan Jordan Lainnya

Michael Jordan juga memiliki usaha bisnis kuliner Michael Jordan Steakhouse pada tahun 1998.

Jordan memiliki 89,5% saham di klub basket Charlotte Hornets dengan kekayaan kurang lebih sebesar USD 1,016 miliar atau setara dengan Rp 14,4 triliun rupiah.

Jordan juga gemar investasi ke properti. Terbukti dari Jordan memiliki rumah mewah di Florida, memiliki rumah dan danau di Charlotte, kondominium mewah, properti di Utah, dan rumah besar di Highland Park.

“Saya bisa menerima kegagalan, karena semua orang bisa gagal pada suatu hal. Yang saya tidak bisa terima adalah kalau tidak berani mencoba”.Michael Jordan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *