VPS HOSTING
VPS HOSTING

6 Fakta Menarik Sri Mulyani, Direktur Bank Dunia Yang Menjadi Menteri Jokowi

  • Bagikan
6 fakta menarik Sri Mulyani 6 Fakta Menarik Sri Mulyani, Direktur Bank Dunia Yang Menjadi Menteri Jokowi

Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D merupakan orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia sejak tahun 2010.

Dan di tahun 2016, Bu Sri Mulyani dipanggil kembali untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan Jokowi.

Walaupun di Bank Dunia sudah sangat nyaman dengan gaji dan fasilitas yang cukup fantastis, namun Bu Sri Mulyani tetap menghormati panggilan dari Pak Jokowi untuk mengabdi pada negeri. Ini dia fakta-fakta mengenai Bu Sri Mulyani yang wajib kamu ketahui.

1. Ibu Sri Mulyani Memiliki IQ 157

Ternyata Ibu Sri Mulyani memang sudah pintar sejak kecil, terbukti dari Ibu Sri Mulyani yang gemar mendapat juara di sekolahnya.

Tahun 1986, Ibu Sri Mulyani lulus dari Universitas Indonesia jurusan Ekonomi Studi Pembangunan dan menjadi lulusan terbaik.

Dan pada tahun 1992, Ibu Sri Mulyani lagi-lagi mendapat gelar master dan Doctor di bidang ekonomi dari University illinois at Urbana-Champaign dan selesai hanya dalam kurun waktu 4 tahun.

2. Menjadi Menteri Keuangan Era Presiden SBY

6 fakta menarik Sri Mulyani1 6 Fakta Menarik Sri Mulyani, Direktur Bank Dunia Yang Menjadi Menteri Jokowi

Demi memperkuat otonomi di Indonesia, tahun 2001 Ibu Sri Mulyani menjadi konsultan USAID (US Agency for International Development).

Dan di tahun 2002, Ibu Sri Mulyani dipercaya untuk memegang jabatan sebagai direktur eksekutif IMF mewakili 12 negara Asia Tenggara.

2 tahun kemudian, Ibu Sri Mulyani dipanggil oleh SBY, untuk menjadi menteri negara perencanaan pembangunan nasional Indonesia selama 3 tahun.

Yang kemudian pindah menjadi menteri keuangan yang merangkap sebagai menteri koordinator bidang perekonomian.

3. Direktur Pelaksana Bank Dunia

Di tahun 2010, Ibu Sri Mulyani ditunjuk oleh Bank Dunia untuk menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia yang bertugas dan mengatur 74 negara di Amerika Selatan, Carribean, Asia Timur dan Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Pindahnya Ibu Sri Mulyani ke Bank Dunia ternyata sempat berdampak negatif bagi ekonomi di Indonesia dengan terjadinya penurunan saham sebesar 3,8% dan nilai rupiah turun hampir 1% dari dollar pada saat itu.

Dan di tahun 2016, Ibu Sri Mulyani dipanggil kembali oleh Jokowi untuk mengabdi pada negara.

4. Menteri Keuangan Terbaik se-ASia

Belum 1 tahun Ibu Sri Mulyani menjadi menteri di tahun 2017 Ibu Sri Mulyani sudah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia oleh majalah Finance Asia karena Ibu Sri Mulyani berhasil mengurangi target defisit fiskal.

Ibu Sri Mulyani juga berhasil memperbaiki sistem perpajakan Indonesia melalui program tax amnesty. Ibu Sri Mulyani juga berhasil menagih pajak ke pihak Google dan Facebook.

Dan belum lama ini, Ibu Sri Mulyani berhasil terpilih menjadi menteri terbaik di dunia dalam acara World Government Summit di Uni Emirat Arab.

5. Diakui dan Dihargai Dunia

minister finance 6 Fakta Menarik Sri Mulyani, Direktur Bank Dunia Yang Menjadi Menteri Jokowi

Ibu Sri Mulyani berhasil menaikkan cadangan valuta asing negara mencapai nilai tertinggi sebesar USD 50 miliar atau setara dengan Rp 709,9 triliun.

Tak hanya itu saja, ia juga berhasil mengurangi utang negara hampir 30% dari PDB (Pendapatan Domestik Bruto) dari 60%.

Dan di tahun 2008, Ibu Sri Mulyani dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Forbes.

Selama 2 tahun berturut-turut, ia juga terpilih sebagai Asia’s Finance Minister of The Year dari majalah Emerging Markets pada tahun 2007-2008.

6. Wanita Belum Tentu Sebaik Laki-Laki

Menurut Ibu Sri Mulyani, tidak mudah menjadi seorang wanita dan masuk ke jajaran staf kementrian yang di dominasi oleh laki-laki.

Ditambah lagi banyak yang menganggap kalau wanita jadi pemimpin belum tentu sebaik laki-laki. Tapi dari itu semua, Ibu Sri Mulyani berhasil membuktikan bahwa wanita juga bisa memberikan prestasi yang baik dan memimpin.

“Berani melakukan perubahan dan melawan korupsi adalah sesuatu yang membuat kita lebih dihargai”-Sri Mulyani

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *