VPS HOSTING
VPS HOSTING

Turki dan Yunani Diguncang Gempa Berkekuatan 7 SR dan Picu Tsunami

  • Bagikan
Gempa 7 SR Turki dan Yunani Diguncang Gempa Berkekuatan 7 SR dan Picu Tsunami

detakhukum.com – Pada Jumat (30/10/2020) pukul 14.51 waktu setempat, provinsi Izmir di Turki dilanda gempa berkekuatan 7 SR yang dirasakan hingga Istanbul dan Athena, Yunani. Gempa tersebut juga memicu tsunami kecil di pulau Aegean di Samos yang mengubah jalanan menjadi sungai.

Gempa tektonik yang berpusat di Laut Aegean tersebut memicu kerusakan di sejumlah kota serta gelombang tsunami kecil di kawasan Laut Aegean.⁣⁣

Dilansir Reuters, gempa meruntuhkan puluhan bangunanan di kota Izmir, Turki, dan menyebabkan lebih dari 700 orang terluka serta 19 orang meninggal yang diperkirakan masih akan bertambah seiring dengan proses evakuasi yang sedang berlangsung.⁣⁣

Beginilah penampakan gedung yang roboh akibat gempa di Turki. Gelombang pasang turut menghantam daerah pesisir dan pulau-pulau Yunani di dekatnya.

Lantas, gempa seperti apa yang akan mendatangkan tsunami? Salah satu faktornya dapat dilihat dari magnitudo gempa.

  • Magnitudo < 6,5 = Kecil kemungkinan terjadi tsunami
  • Magnitudo antara 6,5 – 7,5 = Tidak menghasilkan tsunami yang menghancurkan. Namun, terjadi perubahan kecil sekundernya bisa tanah longsor atau longsor di bawah laut.
  • Magnitudo antara 7,6 – 7,8 = Dapat mengakibatkan tsunami yang merusak, terutama dekat pusat gempa. Pada jarak yang lebih jauh, perubahan kecil permukaan laut juga dapat terlihat.
  • Magnitudo 7,9 dan lebih = Tsunami parah mungkin terjadi di dekat pusat gempa dan perubahan permukaan laut secara signifikan dapat terlihat di wilayah yang lebih luas. Jika gempa menyentuh magnitudo 9, maka ada kemungkinan terjadi gempa susulan berkekuatan 7,5 atau lebih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *