VPS HOSTING
VPS HOSTING

Mendengarkan Bisa Mengubah Hidup Yang Jarang Orang Lakukan

  • Bagikan
Mendengarkan Mendengarkan Bisa Mengubah Hidup Yang Jarang Orang Lakukan

Mendengarkan adalah sebuah seni yang tidak semua orang punya. Padahal, hal ini adalah salah satu kunci penting dalam berkomunikasi dan memahami, bahkan bisa mengubah hidup seseorang.

Mendengarkan berguna dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari karir, bisnis, sampai hubungan sosial. Lantas, apa saja sih langkah yang perlu kita lakukan untuk menguasainya?

1. Kontak Mata Dan Memperhatikan Pembicaraan

Tataplah mata orang yang sedang berbicara supaya komunikasi lebih efektif dan kamu juga terkesan memperhatikan.

2. Jangan Menyela

Gak enak kan ketika sedang bicara omonganmu dipotong begitu saja? Makanya, hindari memotong pembicaraan lawan bicara. Tunggu sampai ia selesai mengutarakan semuanya sebelum mulai menimpali.

3. Mengajukan Pertanyaan Yang Tepat

Ajukan pertanyaan yang sesuai dengan topik pembicaraan. Hindari mengeluarkan pertanyaan retoris dan fokuslah ke pertanyaan lawan bicara kamu. Dengan pertanyaan yang tepat, arah obrolan jadi lebih mendalam dan informasi yang kamu dapatkan juga lebih berkualitas.

4. Berpikiran Terbuka

Kadangkala apa yang diutarakan oleh lawan bicara gak sesuai sama prinsip yang kita pegang. Namun, cobalah berpikiran terbuka dan melihat dari perspektif lain. Bisa jadi, ada hal yang bisa kamu ambil dari hal tersebut.

5. Gak Semua Hal Perlu Dikritisi

Ingat, kebanyakan orang berbicara untuk didengarkan, alih-alih dikritisi. Pilih mana sajakah informasi yang perlu kamu sanggah dan mana yang memang gak perlu. Hubungan sosial lebih penting daripada sekadar merasa benar sendiri, bukan?

Selain bikin kita paham apa yang orang lain inginkan, mendengarkan juga membuat kita bisa memahami hal baru dari perspektif orang lain. Oleh sebab itu yuk mulai belajar mendengarkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *