VPS HOSTING
VPS HOSTING

Tips Atur Duit Buat Anak Rantau

  • Bagikan
Tips Atur Duit Buat Anak Rantau Tips Atur Duit Buat Anak Rantau

Jadi anak rantau mau gak mau harus bisa mandiri dan pandai mengatur keuangan. Salah-salah mengatur bisa-bisa yang ada nanti kita kelaparan deh, terlebih lagi kalau kita belum mengenal banyak teman.

Nah, untuk itu mimin ada beberapa tips nih atur duit buat kamu anak rantau. Yang baru atau yang akan merantau wajib simak nih berikut:

1. Buat Anggaran Harian

Kamu perlu membuat anggaran untuk kebutuhan sehari-hari. Anggaran harian bisa mewakili anggaran di bulan ini. Jumlah yang dihabiskan selama satu hari juga harus bisa dikontrol agar pengeluaran bulanan juga tidak membengkak.

2. Belanja Kebutuhan Bulanan Dalam Satu Waktu

Memang saat membelanjakan kebutuhan kamu sekaligus, uang yang kamu miliki akan terasa langsung berkurang banyak. Maka, banyak diantara perantau dan anak kos memilih untuk membeli kebutuhan selama sebulan dengan cara mencicilnya.

Mungkin, ini nampaknya amat ringan. Sebenarnya, belanja dengan cara mencicil malah membuat kantong kamu lama-lama menipis karena tidak kerasanya.

3. Nabung Di Awal Bulan

Ini sangat penting ya! Berusahalah untuk menyisihkan uang bulanan setelah mendapat gaji atau kiriman dari orang tua. Kenapa di awal bulan? Biasanya di awal bulan kamu akan merasa kaya lalu kadang beli banyak barang, makanya uang selalu habis sebelum gajian atau dapat kiriman lagi.

4. Hargai Uang Receh

Uang receh memang tidak praktis untuk digunakan maupun disimpan. Meski demikian uang receh tetaplah uang yang punya nilai tukar. Jika disimpan dan dikumpulkan dengan baik, uang receh bisa menjadi penolong anak rantau ketika mengalami kebangkrutan di akhir bulan.

5. Pandai Memilih Tempat Tinggal

Pilih tempat tinggal yang dekat dengan kantor atau kampus kamu dan hal yang penting adalah harga sewanya jangan lebih dari 20% dari gaji atau uang kiriman dari orang tua.

6. Manfaatkan Promo

Hidup sebagai anak rantau membuat hidup harus irit sampai seirit-iritnya, apalagi kalau gaji pas-pasan. Menjelang akhir bulan atau akhir pekan, banyak supermarket yang memberikan tawaran atau promo gila-gilaan.

Manfaatkan promo tersebut dengan bijak untuk menghemat pengeluaran.

7. Kerja Paruh Waktu

Kalau dirasa uang kamu gak masih cukup, cobalah untuk mencari lowongan kerja freelance atau kerja part time. Kalau kamu sudah bekerja ya coba saja untuk cari kerja freelance yang bisa kamu kerjakan dari kost dan tidak terpacu oleh waktu bekerja.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *