VPS HOSTING
VPS HOSTING

7 Gaya Hidup Minimalis Bikin Kamu Kaya dan Bahagia

  • Bagikan
7 gaya hidup 7 Gaya Hidup Minimalis Bikin Kamu Kaya dan Bahagia

Coba amati gaya hidup seorang Mark Zuckerberg, pendiri media sosial raksasa Facebook, atau cek cara berpakaian ala mendiang Bob Sadino semasa hidupnya, dan juga keseharian presiden Joko Widodo dan anak-anaknya yang terlihat jauh dari kemewahan. Padahal ketiga sosok tersebut notabene nya adalah orang-orang sukses yang bisa saja jika ingin hidup bergelimang kemewahan.

Namun, ada satu kesamaan yang dapat Anda temukan dari mereka, yaitu kesederhanaan. Gaya hidup ini bahkan menjadi obsesi banyak anak muda di Jepang. Makanya, gaya hidup sederhana ini juga sering disebut sebagai ‘gaya hidup minimalis Jepang’.

Lalu, gaya hidup minimalis seperti apa yang bisa membuat Anda kaya dan lebih bahagia? Ingin tahu? Yuk cermati tujuh gaya hidup minimalis berikut ini:

1. Mensyukuri Yang Sudah Ada

Terobsesi untuk tampil “up to date” membuat kamu semakin konsumtif. Kalau hanya mengikuti keinginan saja tidak akan ada habisnya, kamu perlu mensyukuri apa yang sudah kamu punya dan cukup membeli yang kamu butuhkan.

2. Fokus Pada Kebutuhan

Banyak orang yang membeli barang hanya karena diskon tetapi belum membutuhkannya. Sebelum membeli barang tanyakan dahulu pada diri kamu apakah butuh atau sekedar keinginan.

Fokuslah pada barang yang dibutuhkan saja, dengan begitu pengeluaranmu tidak akan membengkak.

3. Membeli Barang Yang Berkualitas dan Multifungsi

Membeli barang berkualitas dan multifungsi akan menghemat pengeluaranmu, karena tidak perlu membeli barang terlalu banyak dan lebih tahan lama daripada barang yang lebih murah. Selain itu perawatannya juga tidak begitu rumit.

3. Rawat Barang Dengan Baik

Semakin kamu piawai dalam merawatnya semakin awet barang tersebut, alhasil kamu tidak akan membuat keuanganmu membengkak karena pengeluaran tambahan untuk mengganti barang yang rusak.

4. Donasikan Barang Yang Sudah Tidak Kamu Butuhkan

Semakin sedikit barang yang kamu punya makin sedikit biaya perawatan dan makin sedikit yang kamu pikirkan.

5. Time Management

Bukan hanya pengurangan barang, hidup minimalis juga berarti memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien, serta memberikan prioritas terhadap hal-hal yang memiliki urgensi lebih tinggi.

6. Lebih Baik Sewa Atau Pinjam

Daripada menghabiskan uang untuk barang yang hendak kamu gunakan 1x saja dan nantinya akan ditumpuk lebih baik kamu meminjam atau sewa.

7. Terapkan Aturan 90/90

Ini merupakan aturan yang perlu diterapkan untuk dapat memulai hidup minimalis. Ketika kamu melihat sebuah barang, ingatlah apakah barang tersebut pernah digunakan dalam 90 hari terakhir? Jika belum pernah, apakah akan kamu pakai 90 hari selanjutnya? Bila tidak, artinya barang tersebut tidak kamu butuhkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *