VPS HOSTING
VPS HOSTING

Memasuki Usia 30 Tahun, Ini Langkah Finansial Yang Tidak Boleh Terlupakan

  • Bagikan
usia 30an Memasuki Usia 30 Tahun, Ini Langkah Finansial Yang Tidak Boleh Terlupakan
Designed by Freepik

Memasuki usia 30 tahun umumnya kita semakin dekat dengan berbagai goal kehidupan mulai dari segi karir, keluarga dan keuangan. Selain itu, biasanya di usia ini kita juga sudah mengenal diri dengan sangat baik.

Jadi bisa lebih tahu hal apa yang dirasa baik dan tidak baik untuk diri sendiri. Salah satunya dalam menetapkan langkah finansial. Ada beberapa langkah finansial penting yang perlu dipertimbangkan ketika memasuki usia 30 tahun diantaranya:

1. Re-Evaluasi Finansial Goal

Jika sebelumnya sudah pernah menetapkan finansial goal di usia 20an, maka ini saatnya untuk kamu re-evaluasi kembali. Cek lagi apakah masih relevan dengan saat ini. Sebaiknya buat finansial goal sesuai dengan kategori waktu:

  • Goal jangka panjang (5+ tahun)
  • Goal mid term (2-5 tahun)
  • Goal jangka pendek (1-2 tahun)

2. Pastikan Punya Dana Pensiun

Batas usia pensiun sesuai UU adalah 55 tahun. Karena itu, memasuki usia 30 tahun, dana pensiun menjadi sesuatu yang harus diprioritaskan.

Tetapkan kira-kira berapa dana pensiun yang dibutuhkan. Kamu bisa menghitung kebutuhan dana pensiun yang ideal disini: lifefal.co.id

3. Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat

Bertambahnya usia, risiko kesehatan juga akan semakin tinggi. Karena itu, pastikan kamu memilih asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai dengan usiamu saat ini. Misal cari asuransi yang menanggung biaya medical check up tahunan atau pilih yang memberikan manfaat pre-existing condition.

4. Menjamin Dana Pendidikan Anak

Jika saat ini sudah memiliki anak, sebaiknya pertimbangkan asuransi pendidikan. Dengan begitu, kamu bisa fokus menyiapkan dana pensiun dan tabungan untuk usia tua nanti.

5. Menyiapkan Anggaran Risiko Jiwa

Setiap orang pasti menginginkan panjang umur dengan kualitas hidup yang baik. Namun, risiko bisa datang kapan dan kepada siapa saja.

Nah, jika di usia 30 tahun ini kamu memiliki tanggungan, pertimbangkan untuk menyiapkan dana atas risiko jiwa. Bisa berupa tabungan atau asuransi jiwa.

Banyak yang bilang kalau usia 30 tahun seharusnya kamu sudah mapan, berkeluarga, intinya sukses dari segala sisi. Anggapan ini tidaklah benar!
Tidaklah penting jika saat ini kamu “sukses” atau tidak. Karena yang paling penting adalah kemauan untuk melangka. Sudahkah kamu menyiapkan langkahmu?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *