VPS HOSTING
VPS HOSTING

Profil Singkat Ciputra, Sang Pelopor Real Estate Yang Sukses Jadi Konglongmerat

  • Bagikan
Dr. Ir. Ciputra atau Tjie Tjin Profil Singkat Ciputra, Sang Pelopor Real Estate Yang Sukses Jadi Konglongmerat

Dr. Ir. Ciputra atau Tjie Tjin Hoan merupakan seorang pengusaha, investor dan filantropis Indonesia. Ia disebut oleh majalah Forbes sebagai orang terkaya ke-2 di Indonesia pada tahun 2018, dengan nilai kekayaan mencapai US$1,3 miliar atau setara dengan Rp 18,2 triliun.

Ciputra dikenal sebagai sang pelopor real estate yang sukses membangun berbagai mall, hotel, perumahan, hingga ke tempat rekreasi sekalipun. Menjadikan ia sukses menjadi sebagai konglongmerat.

Bukan Berasal Dari Keluarga Kaya

Ciputra ternyata bukan berasal dari keluarga kaya melainkan keluarga sederhana dari Parigi, Sulawesi Tengah. Ayahnya meninggal di tangan tentara Jepang karena difitnah sebagai mata-mata Belanda.

Sehingga sejak usianya 12 tahun, ia harus membantu ibunya berjualan kue dan bekerja di kebun.

Tidak Pantang Menyerah

Meskipun memiliki banyak hambatan, tekadnya untuk mengenyam pendidikan tak pernah surut. Ia tetap bersemangat meskipun harus berjalan kaki sejauh 7 kilometer untuk sampai ke tempat sekolah.

Berdirinya Ciputra Group

Pak Ci memulai cikal bakal bisnis Ciputra Group ketika kuliah di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1957. Bermula berkantor di garasi, bisnis konsultan arsitektur bangunan yang bernama PT Daya Cipta pun berdiri sampai pada akhirnya pindah ke Jakarta.

Hampir Bangkrut

Perjalanan bisnis beliau tidak selalu berjalan mulus, krisis ekonomi pada tahun 1998 pun menghantam bisnis Ciputra. Sebagian proyek yang dikerjakan perusahaannya menggunakan modal pinjaman dolar dari bank asing, sedangkan nilai rupiah terus menurun sejak krisis ekonomi tersebut.

Dikenal Sosok Yang Sederhana

Meskipun sukses dalam dunia bisnis dan tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia, Pak Ci dikenal sebagai sosok yang sederhana. Hanya menggunakan sepasang sepatu New Balance warna hitam yang sudah lama ia beli dan tidak pernah memikirkan mau berpakaian seperti apa.

Terimakasih, Pak Ci sudah menjadi inspirasi dan atas semua usaha dalam membangun pengusaha dan investor di Indonesia. May you rest in peace.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *