VPS HOSTING
VPS HOSTING

Peta Dukungan untuk Dua Cawagub DKI: PDIP Diprediksi Dukung Riza, Demokrat Pilih Nurmansjah

  • Bagikan
Cawagub DKI Jakarta Nurmansjah Lubis kiri dan Ahmad Riza Patria kanan 1 Peta Dukungan untuk Dua Cawagub DKI: PDIP Diprediksi Dukung Riza, Demokrat Pilih Nurmansjah
Nurmansjah Lubis (kiri) dan Ahmad Riza Patria (kanan).(foto: kompas.com)

detakhukum.com, Jakarta – Warga DKI Jakarta tak lama lagi akan memiliki sosok wakil gubernur DKI Jakarta yang sudah kosong kurang lebih satu tahun tujuh bulan.

Jika sesuai rencana, pemilihan orang nomor dua di DKI Jakarta itu akan berlangsung pada 23 Maret 2020.

Karena dipilih oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), maka kedua cawagub yakni Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra harus pandai melakukan sowan ke sembilan fraksi yang ada di DPRD DKI.

Sembilan fraksi di parlemen Kebon Sirih yaitu PDI-Perjuangan, Gerindra, PKS, PAN, Demokrat, PSI, Nasdem, Golkar, dan PKB-PPP dengan total 106 anggota.

Lalu bagaimana potensi keduanya meraih dukungan?

Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, sebenarnya peta politik masih sangat dinamis mengingat pemilihan dilakukan dengan cara tertutup.

Hanya saja, berdasarkan kalkulasi matematika politik kans yang dimiliki Riza Patria lebih besar. “Itu di atas kertas, karena jumlah koalisi dan partai pengusung Riza Patria cukup besar. Namun politik itu bisa berubah cuacanya secara ekstrim, nggak mudah juga ditebak dan meramalkannya,” ucap Pangi dikutip kompas.com, Jumat (13/3/2020).

Menurut dia, anggota PDI-Perjuangan mayoritas akan memilih Riza mengingat kedua partai sudah menjalin koalisi di kancah nasional. Apalagi baik PDI-P maupun Gerindra sama-sama memiliki jumlah kursi yang besar di DPRD.

“Gerindra dan PDIP kans dukungan ke Riza Patria, ini jumlah kursinya besar, kalau soal jejaring politik nasional, sudah teruji Riza Patria. Ancah juga punya jejaring dan dekat dengan anggota DPRD Provinsi DKI,” tuturnya.

Tak hanya itu, Riza juga dipastikan mendapatkan dukungan dari Fraksi Golkar yang secara terang-terangan menyatakan dukungannya pada Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu.

Sedangkan Nurmansjah, selain memperoleh dukungan suara dari PKS, Ia juga diperkirakan mendapat suara anggota Fraksi Demokrat. “Jumlah kursi PKS ada sembilan belas, Demokrat dan partai lain bisa saja bergeser mendukung Nurmansjah, karena ini juga ada kaitan dengan ego partai. Termasuk wagub bisa berpotensi menjadi gubernur, sehingga partai sangat berhati-hati betul soal wagub yang akan dipilih,” jelas Pangi.

Adapun pemilihan wagub rencananya akan digelar pada 23 Maret 2020 mendatang. Tahapannya, sebelum melaksanakan pemilihan, kedua cawagub DKI Nurmansjah dan Riza harus memaparkan visi misi program kerja sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI.

Kemudian akan ada sesi tanya jawab. “Tanggal 23 (Maret) pas paripurna, itu dalam satu kesatuan, setelah tanya jawab visi misi, jawab, kemudian kita break. Persiapan untuk pemilihan,” ucap Wakil Ketua Panlih Wagub, Basri Baco. (kmps)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *