10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

Tools 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020
freepik

Tanggung jawab utama dari Front End Web Developer adalah membuat dan mengelola situs web, Semuanya terdengar sangat sederhana!. Tapi ternyata tidak, dan inilah sebabnya banyak perusahaan mempekerjakan pengembang berbakat dan menyerahkan tekanan itu kepada para profesional.

Namun, bahkan developer yang berbakat pun kesulitan men-debug dan mengelola tugas-tugas sulit, dan inilah mengapa ada banyak sekali tools, frameworks, aplikasi, dll.

Para Front End Developer membutuhkan tools yang fleksibel untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan. Dan untungnya, saat ini banyak perusahaan dan komunitas open-source yang telah berlomba-lomba membangun library, rancangan, serta aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi para web developer.

Apa saja tools tersebut? Nah, berikut ini beberapa tools andalan yang wajib diketahui untuk kamu yang ingin menjadi Front Web Developer. Terlebih lagi fitur dan kelebihannya nggak kalah mutakhir!

1. Angular JS

AngularJS 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

Tools front end ini bersifat gratis dan open source, sehingga kamu bebas untuk menggunakan dan mengembangkannya. Alasan banyak orang menggunakan tools ini yaitu kecepatan dan kinerja dari framework ini sudah terbukti, produktivitas dan infrastruktur yang telah terukur.

2. Code Kit

codekit 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

Codekit adalah alat pengembangan web front end. Alah ini memberikan dukungan untuk membangun situs web lebih cepat. Ini menggabungkan, memperkecil dan memeriksa sintaks javascript. Itu juga mengoptimalkan gambar.

3. Creative Tim

creative 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

Creative Tim menyediakan elemen desain berbasis bootstrap. Kamu bisa membuat aplikasi web dan seluler menggunakan tools ini. Tersedia template yang lengkap dan sesuai kebutuhan front-end, mulai dari angular, reactJS, VueJS, React native, flutter, svelte, dan tailwind.

4. Envato HTML Template

envato 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

Envato memiliki koleksi 1000+ template HTML5 siap pakai yang menghemat waktu coding kamu. Template ini menawarkan alat kustomisasi daya dan siap untuk SEO. Mereka menawarkan CSS dan JS yang dioptimalkan yang meningkatkan skor kecepatan halaman.

Baca juga:  Fungsi Dan Jenis-Jenis Cookies, Web

5. Grunt

Grunt 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

Grunt memungkinkan tim untuk bekerja dengan satu set perintah yang seragam, sehingga memastikan bahwa semua orang di tim menulis kode ke standar yang sama. Lagi pula, tidak ada yang lebih membuat frustasi daripada membangun yang gagal karena sedikit inkonsistensi dalam menulis kode.

6. Meteor

meteor 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

Meteor memungkinkan pembuatan prototipe yang cepat dan menghasilkan kode lintas platform (Android, iOS, Web). Meteor mampu mempublikasikan pola untuk secara otomatis menyebarkan perubahan data ke klien tanpa mengharuskan developer untuk menulis kode sinkronisasi.

7. Npm

npm 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

NPM adalah manajer paket node untuk javascript. Ini membantu untuk menemukan paket kode yang dapat digunakan kembali dan mengumpulkannya dengan cara baru yang canggih. Alat pengembangan web ini adalah utilitas baris perintah untuk berinteraksi dengan repositori tersebut yang membantu dalam paket.

Baca juga:  10 Skill Teknis Penting Front End Developer

8. Sass

Sass 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

Syntactically Awesome Stylesheets memberikan fitur yang tidak dimiliki CSS seperti variabel, nesting, mixins, inheritance, dan lain-lain. Fitur-fitur ini akan membuat kita menulis kode CSS yang lebih rapi dan bersih dan juga menghindari penulisan kode yang berulang.

9. Sublime

Sublime 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

Aplikasi pengeditan kode lintas platform yang memiliki banyak fitur. Salah satu fitur terbaik yaitu Fungsionalitas Go to Anything, dimana fitur ini memberikan pintasan yang memungkinkan para developer untuk mencari bit kode dalam file dan membuka file dalam proyek.

10. Typescript

Typescript 10 Tools Front End Web Developer Terbaik 2020

TypeScript adalah bahasa skrip ujung depan sumber terbuka. Ini adalah superset sintaksis ketat dari javascript yang menambahkan pengetikan statis opsional. Ini dirancang khusus untuk pengembangan aplikasi besar dan dikompilasi ke javascript.